Home > Key Level > Menentukan Level Support Resistance dengan Moving Average 

Menentukan Level Support Resistance dengan Moving Average 

level-support-resistance

Menentukan Level Support Resistance dengan Moving Average – Moving average selain memudahkan kita untuk membaca trend pergerakan pasangan mata uang untuk periode tertentu apakah sedang Naik atau sedang Turun, ternyata moving average juga bisa digunakan sebagai acuan kita menentukan level penting support dan resistance yang dinamis

Satu Garis Moving Average sebagai Support Resistance Dinamis

support resistance

MA 200 sebagai Support Resistance

Bisa kita lihat bagaimana harga terus memantul saat berada dekat dengan garis SMA 200 yang membuktikan bahwa satu garis Moving average juga merupakan level Support dan Resistance yang kuat.

Selain Periode 200, biasa trader diluar juga sering menggunakann settingan periode 20, 50, 100 sebagai acuan level support resistance dinamis mereka.
support resistance

SMA 50 sebagai support resistance

Dua Garis Moving Average sebagai Support Resistance Dinamis

support resistance

2 EMA sebagai area support resistance

Jika menggunakan satu garis moving average maka kita banyak yang menemukan reaksi reaksi harga memantul saat mendekati garis tidak tidak terlalu jelas, yang bagus pas harga menyentuh garis langsung memantul, tapi sering kali harga belum menyentuh sudah memantul atau sering kali juga harga sudah melawati garis sedikit baru kemudian memantul kembali ke dalam

Tapi dengan 2 moving average seperti contoh gambar diatas maka kita bisa lihat area antara ema 8 (merah) dan ema 21 (biru) adalah Area Support resistance dinamis kita. Saat harga masuk ke area support resistance sering sekali harga memnatul mengikuti arah trend MA.Yang membedakan dengan SR satu garis MA adalah selama ema 8 belum berpotongan dengan ema 21 trend kita masih belum terjadi perubahan walau harga sudah melewati ema 21.

READ  Belajar Analisis Forex : Menentukan Swing High & Swing Low

Kesimpulannya, memang dengan menggunakan 2 area moving average lebih mudah dan jelas jika kita gunakan sebagai level penting support resistance dinamis kita.

Support resistance dinamis moving average selalu mengikuti harga, sehingga jika kita melakukan open trade sejalan dengan arah trend disarankan membuka trade SELL atau BUY sedekat mungkin dengan MA sehingga kita dapat meminimalkan resiko jika ternyata terjadi perubahan trend.

Leave a Reply

%d bloggers like this: